Cara Menggemukkan Badan Yang Benar

Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa faktor penyebab seseorang sulit untuk gemuk. Baik itu faktor keturunan, asupan makanan yang kurang serta tidak seimbang, banyaknya aktivitas, dan penyakit. Lalu bagaimana solusinya? Berikut ini cara menggemukan badan yang benar :

1. Sebaiknya Jangan Minum Sebelum Makan

Untuk menghindari rasa kenyang di awal-awal, usahakan jangan minum air sebelum anda makan. Karena air cenderung akan bisa bikin kenyang, sehingga bisa mengurangi nafsu makan anda. Namun lebih baik minum air pada saat anda makan atau 30 menit setelah makan. Hal ini dilakukan supaya bisa membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.

2. Memilih Cemilan Yang Sehat

Cara berikutnya untuk menggemukkan badan secara alami adalah dengan sering makan. Akan tetapi makan lebih sering itu bukan berarti anda harus makan nasi dan lauk pauk 5 kali dalam sehari. Namun anda juga bisa menambahkan cemilan di sela aktivitas anda. Misalnya, di tempat kerja anda bisa menyediakan buah-buahan di meja supaya mudah dijangkau, bahkan pada saat anda sedang sibuk sekalipun. Namun, jika anda merasa bosan dengan buah-buahan dan ingin lebih bervariasi, bukan hanya buah, anda juga bisa memilih jenis makanan lainnya yang tinggi akan nutrisi, seperti kacang kedelai. Dalam hal ini sebaiknya anda menghindari makanan yang digoreng atau direndam dengan minyak, guna mengurangi kadar kolesterol.

3. Biasakan Untuk Selalu Sarapan Setiap Harinya

Cara lainnya untuk menggemukan badan secara alami adalah dengan selalu melakukan sarapan pagi. Namun sayang, kebanyakan orang menghindari untuk sarapan pagi dengan berbagai alasan. Baik karena merasa tidak sempat, malas, dan lain sebagainya. Padahal sarapan pagi ini sangat penting, karena selain untuk bisa menopang asupan tubuh supaya kuat beraktivitas, namun juga bisa untuk menggemukkan tubuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin anda tidak melewatkan sarapan pagi setiap harinya. Sarapan pagi itu tidak usah yang berat-berat, anda bisa mengkonsumsi tambahan 1 butir telur dan segelas jus buah setiap kali makan di pagi hari.

4. Perhatikan Jenis Makanan Yang Anda Konsumsi

Ternyata untuk menggemukan badan itu tidak terlepas dari mengkonsumsi makanan kaya lemak, protein, dan karbohidrat. Dalam hal ini, protein sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk membangun sel-sel otot. Dan otot sebagai pembentuk tubuh anda ini dibangun oleh protein. Mungkin anda pernah mendengar dan melihat seorang binaragawan yang mempunyai massa otot yang besar serta kekar selalu membutuhkan asupan makanan yang memadai. Dimana ia harus rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan sumber protein seperti telur, ikan, dan lain sebagainya. Jika anda ingin menggemukan badan, maka konsumsilah 1,5-2,2 gram protein per kilogram berat badan anda saat ini.

Makanan yang kaya akan protein seperti kacang-kacangan, susu dan olahannya, telur, ikan, daging, dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumi suplemen protein seperti protein whey. Banyak orang yang mencoba untuk menurunkan berat badannya dengan cara membatasi makanan kaya lemak dan karbohidrat. Oleh karena itu lakukanlah hal sebaliknya jika anda ingin menggemukan badan. Akan tetapi, harus dikombinasikan dengan makanan lainnya yang kaya akan protein serta pilihlah sumber lemak yang sehat, jangan dari makanan produk goreng-gorengan atau olahan dengan minyak yang digunakan berkali-kali.

Itulah beberapa cara untuk menggemukkan yang benar, semoga tulisan ini ada guna dan manfaatnya, khususnya bagi anda yang ingin menambah berat badan.

 

Leave a Reply