Ini Dia Tanda Awal Kehamilan Yang Jarang Kita Sadari

bayi

Tanda awal kehamilan merupakan momen-momen paling dinantikan oleh setiap wanita ingin mempunyai keturunan. Adapun mengenai ciri-ciri hamil, yang menunjukan bahwa hadirnya sang buah hati dalam kehidupan berumah tangga itu hanya tinggal menghitung waktu saja. Akan tetapi, ada sebagian dari pasangan suami istri yang belum menyadari betul tentang ciri atau tanda-tanda kehamilan. Bahkan, ada sebagian wanita yang bingung dalam membedakan mana tanda kehamilan dengan datangnya menstruasi. Namun kabar baiknya, pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa tanda kehamilan. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

1. Perubahan Pada Bagian Payudara

Ciri-ciri pertama dari kehamilan yang harus kalian ketahui, yakni adanya perubahan pada bagian payudara. Ya, dalam hal ini, ukuran payudaramu akan tampak lebih membesar serta diikuti dengan teksturnya yang lebih lembut. Tak hanya itu saja, payudaramu juga akan lebih sensitive sehingga terasa sakit atau linu saat dipegang, bahkan tak jarang menimbulkan rasa gatal-gatal lho. Adapun mengenai perubahan pada puting susu yang semakin membesar pula, serta warnanya tampak lebih gelap. Kondisi tersebut juga meliputi pembuluh vena pada payudara yang akan terlihat semakin jelas, dikarenakan penegangan payudara.

Menurut para dokter kandungan, perubahan pada payudara ini dikarenakan adanya peningkatan produksi hormone esterogen dan progesterone dalam tubuh. Selain itu, terdapat pula aktifitas hormone HPL yang diproduksi oleh tubuh saat kamu sedang hamil untuk mempersiapkan ASI.

2. Muncul Flek (Bercak Darah)

Kondisi inilah yang kerap membuat kita bingung dalam membedakan kehamilan dengan menstruasi. Biasanya, bercak darah tersebut akan muncul sebelum menstruasi yang akan datang dalam kurun waktu 8 – 10 hari setelah terjadi ovulasi. Keluarnya flek darah ini dikarenakan embiro yang menempel pada dinding rahim, sehingga sering disalahartikan sebagai menstruasi. Tak hanya itu, kemunculan flek darah ini juga akan disertai dengan kram pada perut bagian bawah (panggul). Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kondisi ini akan hilang dengan sendirinya pada kehamilan trimester kedua.

3. Morning Sickness

Berdasarkan dari hasil survey, 7 dari 10 wanita hamil itu akan mengalami morning sickness alias mual dan muntah-muntah. Pada umumnya, rasa mual dan muntah ini kerap terjadi pada pagi hari. Kendati demikian, tak jarang juga kondisi morning sickness ini terjadi pada siang dan malam hari lho. Lantas, apa yang menjadi penyebabnya? Menurut para dokter kandungan, kondisi morning sickness ini disebabkan oleh peningkatan hormone HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) yang secara tiba-tiba.

Kondisi morning sickness juga biasanya akan hilang setelah memasuki kehamilan trimester kedua. Apabila rasa mual dan muntah masih terjadi di trimester kedua, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan terdekat.

4. Sering Buang Air kecil

Jika pada akhir-akhir ini kamu sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, maka hal itu merupakan indikasi bahwa kamu sedang hamil. Benarkah demikian? Ya, hal itu dikarenakan janin yang tumbuh dalam rahim telah menekan kandung kemih, sehingga berdampak pada peningkatan sirkulasi darah. Disamping itu, kandung kemih juga akan lebih cepat dipenuhi oleh cairan urine sehingga rasa ingin buang air kecilnya menjadi lebih sering.

 

Leave a Reply