Cara Meminimalisir Efek Samping Pada Bedak Bayi

bedak bayi

Bedak bayi merupakan produk yang dikhususkan untuk menjaga kulit bayi yang masih sensitif agar tidak terkena hal-hal yang tidak diinginkan seperti iritasi dan lain lain. Namun dibalik semua kebaikan itu juga ada resiko bahaya yang bisa mengancam si bayi juga lho.

Beberapa bedak bayi yang beredar dipasaran itu mengandung talc atau talk senyawa kimia yang berasal dari batuan mineral, kandungan ini cukup berbahaya jika terlalu sering terhirup atau terlalu banyak terhirup. Karena bisa menimbulkan ganguan pada paru-paru dan pernafasan. Terlebih jika bayi terlahir premature yang memiliki resiko pernafasan besar.

Jika kamu tidak berhati hati dalam menggunakan bedak bayi bisa menimbulkam efek samping meski hanya terhirup sedikit beberapa efek samping pada bedak bayijuga berdampak pada mata dan tenggorokan yang bisa menimbulkan iritasi tenggorokan dan mata juga pada paru paru juga beresiko untuk bayi yang masih sensitif semuanya harus dilakukan secara hati-hati perhatikan cara anda memberikan bedak bayi karena resiko pemberian yang tidak hati-hati atau jorok dapat menimbulkan gangguan pada paru-paru si bayi seperti batuk-batuk, sesak napas, sakit dibagian dada dan mengi.

Biarpun bedak bayi dipakaikan pada kulit bedak bayi juga bisa menimbulkan efek samping seperti lecet di kulit dan biru-biru pada bagian kulit, bagian kuku atau bibir. Bedak bayi juga terdapat efek samping terhadap jantung dan darah bedak bayi ber-efek menyerang jantung dan darah menimbulkan gejala-gejala seperti tekanan darah rendah (hipotensi) pingsan, dan juga bisa kejang. Jika efek samping bedak bayi menyerang sistem saraf kemungkinan yang akan muncul adanya kedutan pada wajah, tangan atau kaki yang disebabkan otot yang terkena efek samping biasanya disertai demam, bayi terlihat mudah mengantuk dan kurang aktif serta lesu.

Efek samping yang tadi sudah dituliskan biasanya akibat terhirup pada jangka waktu panjang disertai jumlah yang banyak. Jika tidak sengaja terhirup dengan jumlah yang banyak segera bawa keluar supaya bisa menghirup udara segar jika terjadi gejala-gejala lain segera periksakan ke dokter.

Cara Meminimalisir Efek Samping Pada Bedak Bayi

Mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk meminimalkan resiko dari efek samping bedak bayi beberapa cara bisa dilakukan, seperti lihat baik baik kandungan dalam bedak bayi usahakan kandungan nya bebas dari talc atau talk. Pada saat pengunaan juga kamu harus berhati hati letakan bedak bayi pada tangan kamu terlebih dulu dengan mengambil jarak yang agak jauh dari si bayi.

Baru lah setelah itu balurkan ke tubuhnya. Memakaikan bedak bayi secara merata juga bisa meminimalisir efek samping pada bayi jangan sampai bedak menumpuk pada lipatan-lipatan kulit bayi, juga kamu harus bisa membersihkan sisa bedak bayi saat mengganti popok atau mengganti pakaian bayi. Juga jangan sampai memilih bedak dengan aroma harum yang menyengat juga ya, aroma harum yang menyengat biasanya terdapat kandungan zat kimia yang kuat juga didalamnya.

Maka dari itu kesimpulannya adalah tergantung dari anda memilih bedak bayi untuk buah hati anda supaya tidak terjadi hal yang tidak diiinginkan, merk dagang bermacam macam yang tersebar dipasaran seperti zwitsal, jhonson’s nbaby powder, pigeon baby compact powder. Dan efek samping bisa terjadi jika bedak yang mengandung talc terhirup dengan banyak dan terdesak dengan jangka waktu yang panjang. Juga saat pengaplikasian nya pada bayi bedak bayi masih relative aman kok.

Leave a Reply