7 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Supaya hidup kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit salah satunya penyakit jantung, maka menerapkan pola hidup sehat dari sekarang sudah harus diterapkan. Terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan menerapkan pola hidup sehat, misalnya olahraga teratur, rutin mengkonsumsi makanan-makanan sehat, tidak merokok dan minum minuman beralkohol, hal itu mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 82%.

Selain itu, ada juga penelitian lainnya yang mengungkapkan bahwa orang yang berusia 70-90 tahun yang telah membiasakan diri hidup sehat, risiko kematian akibat penyakit jantung dapat menurun sampai 66%.

makanan untuk kesehatan jantung
Ilustrasi jaga jantung tetap sehat via theworld-aroundus.com

Selain berolahraga secara teratur, menjaga jantung supaya tetap sehat juga mesti dibarengi dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Menurut sahabat ragam, apa saja sih makanan tersebut? Berikut adalah ulasannya.

1. Biji-bijian utuh
Untuk menjaga jantung kita tetap sehat, kita bisa memulainya dengan mengkonsumsi biji-bijian utuh seperti hal nya gandum, jagung, atau beras merah. Mengganti sumber utama karbohidrat dengan makanan yang telah disebutkan tadi mampu menurunkan risiko penyakit jantung, obesitas, diabetes, beberapa jenis kanker, dan masalah kesehatan lainnya.

Hal ini dapat terjadi karena biji-bijian mengandung protein, serat, vitamin B, antioksidan, dan mineral. Mineral yang dimaksudkan disini diantaranya adalah zat besi, zinc, serta magnesium.

2. Kacang
Cobalah untuk merutinkan makan kacang seperti kacang merah hingga tiga cangkir per minggu. Ini disarankan karena kacang kaya akan kandungan fitonutrien yang baik untuk kesehatan jantung. Disamping itu, kacang-kacangan juga banyak mengandung serat dan air yang akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, kita pun akan terhindar dari mengkonsumsi lebih banyak kalori.

3. Apel
Terdapat satu penelitian yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi satu hingga dua buah apel dalam sehari kemungkinan bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa apel efektif mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta membantu mengatur gula darah. Ini bisa terjadi karena apel mengandung fitonutrien, quercetin, dan pektin yang baik untuk kesehatan jantung.

4. Buah beri
Berbagai jenis buah beri seperti stroberi, rasberi, blueberry, dan blackberry sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat. Buah yang kaya akan serat dan antioksidan ini disinyalir mampu mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Meskipun membutuhkan kajian penelitian lebih lanjut apakah buah beri sangat efektif dalam melindungi kesehatan jantung, akan tetapi tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsinya setiap hari.

5. Kubis
Kubis juga sama menyehatkannya untuk kesehatan jantung kita. Selain kaya akan fitonutrien, kubis juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, potasium, kalsium, dan zat besi. Oleh karena itu, kita bisa menambahkan kubis ke dalam menu sayuran atau pun salad.

6. Bawang putih
Diketahui bahwa bawang putih tidak memengaruhi tekanan darah kita. Selain itu, bawang putih juga bisa kita jadikan sebagai pengganti garam untuk menambah rasa gurih pada suatu makanan. Hal ini baik buat kesehatan jantung karena seperti yang sahabat ragam ketahui bahwa banyak mengkonsumsi garam dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Teh hijau
Teh merupakan salah satu minuman yang paling banyak digemari karena ada begitu banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Beberapa penelitian menemukan keterikatan antara minum teh hijau dengan penurunan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan, mereka yang minum teh hijau lebih dari 5 cangkir dalam sehari memiliki risiko sekitar 25% lebih rendah mengalami kematian yang diakibatkan oleh serangan jantung maupun stroke.

Ketika sahabat ragam memilih untuk meminum teh hijau lebih dari 5 cangkir dalam sehari, pastikan juga sahabat ragam memperbanyak minum air putih supaya nantinya terhindar dari dehidrasi dan sistem kemih tetap berjalan lancar. Jika tidak demikian, dikhawatirkan banyak minum teh hijau malah meningkatkan risiko terkena penyakit batu ginjal.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selain mengkonsumsi 7 makanan yang telah disebutkan diatas, supaya jantung kita tetap sehat penting juga untuk olahraga secara rutin dan hindari merokok. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply