5 Hal Yang Akan Dialami Tubuh Ketika Kekurangan Zat Besi

Pentingnya Zat Besi Bagi Tubuh – Salah satu mineral yang sangat penting bagi tubuh adalah zat besi. Mineral yang satu ini sangatlah dibutuhkan hemoglobin dalam membawa darah untuk kemudian membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi yang merupakan bagian dari enzim juga akan membantu tubuh dalam mencerna makanan beserta reaksi-reaksi tubuh penting lainnya.

Bila dibandingkan dengan pria, wanita lebih berisiko mengalami kekurangan zat besi. Risiko ini akan lebih meningkat ketika seorang wanita tengah mengalami pendarahan berlebih pada saat haid maupun persalinan.

Seseorang yang tengah kekurangan mineral zat besi biasanya akan mengalami 5 hal seperti berikut ini.

bahaya kekurangan zat besi
Ilustrasi mudah lelah via 97zokonline.com

1. Wajah terlihat pucat
Kekurangan zat besi terutama hingga mengganggu kondisi sel darah merah akan membuat wajah seseorang tampak pucat. Ini bisa terjadi karena sel darah merah yang terbentuk lebih kecil dan warnya lebih pucat.

Untuk memastikan seseorang mengalami kekurangan zat besi atau tidak, bisa dilihat dari kelopak mata bawah bagian dalam yang tampat lebih pucat bila dibandingkan dengan orang normal. Disamping itu, bagian bibir atau gusi pun akan terlihat lebih pucat dari biasanya.

Baca juga : 7 Hal Yang Membuat Kamu Mudah Ngantuk di Pagi Hari

2. Mudah lelah dan sesak napas
Lelah merupakan kondisi umum yang akan dialami oleh seseorang ketika sudah melakukan berbagai aktivitas yang banyak menguras tenaga. Hal ini jelas berbeda dengan seseorang yang memang tengah kekurangan zat besi. Tidak hanya lelah, orang yang kekurangan zat besi biasanya akan merasa lemas, sulit untuk konsentrasi, dan cenderung mudah marah.

Disisi lain, kekurangan mineral zat besi juga akan membuat seseorang mengalami sesak napas karena tingkat oksigen yang begitu rendah. Tak jarang aktivitas biasa pun bisa memicu sesak napas.

3. Rambut mudah rontok
Kekurangan zat besi terutama yang sudah memasuki tahap anemia juga bisa ditandai dengan rambut yang mudah rontok. Hal ini dapat terjadi karena folikel rambut tidak lagi mendapatkan oksigen yang memadai. Berhati-hatilah ketika gejala rambut rontok telah melebihi 100 helai per hari dan proses tumbuhnya kembali rambut tidak seperti biasanya.

4. Mudah mengalami infeksi
Daya tahan tubuh atau sistem imunitas tubuh dipengaruhi oleh beragam mineral, salah satunya zat besi. Seseorang yang tengah mengalami kekurangan zat besi umumnya akan mengalami gangguan pada proses produksi dan kemampuan sel darah putih dalam memerangi infeksi.

5. Lidah bengkak
Kekurangan zat besi yang berimbas pula pada berkurangnya oksigen akan membuat otot-otot, termasuk lidah terasa nyeri dan bengkak. Tidak hanya itu, pada bagian sisi mulut juga akan terlihat pecah-pecah.  Bahkan, warna lidah pun akan tampak lebih pucat.

Baca juga : 7 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Sebelum 5 hal diatas dialami, lebih baik ubahlah pola gaya hidup kita mulai dari sekarang. Kita bisa memulainya dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, daging, ikan, telur ayam, sereal atau roti yang telah diperkaya zat besi.

Jika memang 5 hal yang telah disebutkan diatas sudah dialami, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter supaya segera mendapatkan penanganan yang sesuai.

Leave a Reply