Kumpulan Makanan Khas Bandung Yang Siap Menggoyang Lidah

Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang wajib untuk di kunjungi. Selain udaranya yang begitu sejuk, bandung juga memiliki aneka ragam objek wisata dan tempat-tempat menarik yang pastinya sangat sayang untuk dilewatkan. Sehingga, tidaklah mengherankan jika Bandung adalah tempat yang paling asyik untuk mengisi waktu luang baik bersama teman maupun keluarga.

Ketika Anda berkunjung ke Bandung, pastikan juga bahwa Anda mencicipi beberapa kuliner yang ada disana. Selain harganya yang ramah di kantong, makanan yang ada di Bandung juga sangat enak dan bisa bikin ketagihan. Jika Anda bingung ingin mencoba makanan khas Bandung, berikut ini merupakan beberapa makanan khas Bandung yang wajib Anda coba.

1Peuyeum

makanan khas bandung peuyeum

Makanan yang terbuat dari singkong ini umumnya dikenal dengan nama Tape. Akan tetapi, di Bandung makanan ini lebih terkenal dengan sebutan Peyeum. Untuk mendapakan makanan khas Bandung yang satu ini memang tidaklah sulit karena di kawasan Jalan Cihampelas peuyeum banyak di jual dengan cara digantung di depan kios-kios.

2Surabi

surabi makanan khas bandung

Makanan khas Bandung yang ke-dua adalah Surabi. Makanan yang satu ini terbuat dari tepung beras kemudian dibakar di atas tungku kayu. Setelah matang kemudian surabi ditambah kuah cair manis dari gula merah. Saat ini, surabi telah banyak disajikan dengan varian rasa yang berbeda-beda. Mulai dari rasa keju, cokelat, durian, kismis, dan lain-lain.

3Cilok

cilok makanan dari bandung

Makanan yang berbentuk bulat dengan teksturnya yang kenyal ini sangatlah populer di Bandung. Selain anak-anak, orang dewasa pun masih banyak yang menyukainya. Tahukah Anda kenapa makan ini disebut Cilok? Cilok merupakan kependekkan dari kata “Aci Dicolok”. Aci atau disebut juga dengan tepung tapioka adalah bahan dasar dari Cilok itu sendiri. Sedangkan dicolok dalam bahasa Indonesia nya sama dengan ditusuk. Kalau Anda pergi ke Bandung jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini.

4Colenak

colenak bandung raos pisan

Peuyeum memang begitu populer di Bandung. Tapi, ada satu lagi makanan khas Bandung yang bahannya terbuat dari peuyeum, yaitu Colenak. Makanan ini dibuat dengan cara peuyeum dibakar kemudian ditambahkan parutan kelapa dan gula merah sebagai topingnya. Rasanya beneran enak dan rugi banget kalau Anda sampai tidak mencobanya.

5Cireng

cireng dari bandung

Cireng merupakan singkatan dari Aci Digoreng. Sama hal nya dengan cilok, cireng juga terbuat dari aci atau tepung. Yang membedakan kedua makanan hanyalah bentuk dan cara pembuatannya. Dulu cireng hanya dijual polos tanpa isi, namun sekarang cireng telah dilengkapi dengan isian-isian seperti abon, daging, dan lain-lain.

6Batagor

batagor bandung

Batagor merupakan salah satu makanan tradisonal khas Bandung yang sampai saat ini masih populer di kota kembang (nama lain Bandung). Batagor sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Baso Tahu Goreng. Jika Anda ingin mencoba makanan yang satu ini, Anda akan dengan mudah mendapatkannya karena hampir di setiap jalan di kota Bandung ada penjual batagor.

7Comro

comro bandung

Makanan berikutnya ini sebenarnya singkatan dari Oncom di Jero. Comro terbuat dari parutan singkong yang kemudian diberi isian berupa oncom lalu digoreng. Comro ini ada dua varian, ada comro dengan selera pedas dan tidak pedas. Baik pedas atau pun tidak, Makanan yang satu ini sangat cocok bila disajikan dengan secangkir teh manis panas.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas Bandung lainnya yang rasanya tidak kalah dengan beberapa makanan yang telah disebutkan diatas. Meskipun begitu, ke-7 makanan tersebut memang wajib untuk Anda coba.

Leave a Reply