Cara Mengobati Telapak Kaki Pecah-pecah

Telapak kaki pecah-pecah memang begitu menyebalkan. Meskipun pada saat berpergian telapak kaki sering terlindungi oleh sepatu, akan tetapi Anda mungkin akan merasa khawatir ketika sepatu dibuka dan teman-teman Anda melihat bahwa telapak kaki penuh dengan kulit pecah-pecah. Meski tidak berbahaya, tentunya hal ini bisa mengganggu penampilan Anda, iya kan?

Cara mengobati kaki pecah-pecah sebetulnya sangatlah mudah. Hanya saja masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Dengan memberikan nutrisi dan pelembab yang tepat, maka kelembutan dan keindahan kaki Anda akan selalu tetap terjaga. Berikut ini merupakan beberapa bahan-bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan kulit pecah-pecah pada telapak kaki.

Tips Mengatasi Telapak Kaki Pecah-pecah Dengan Bahan-bahan Alami

cara menjadikan telapak kaki mulus
Telapak kaki sehat dan mulus via plus.google.com

1Madu
Madu merupakan cairan kental mirip sirup yang dihasilkan oleh lebah atau serangga lainnya dari nektar bunga. Selain dikonsumsi, madu juga bisa Anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan kulit pecah-pecah pada telapak kaki. Cara penggunannya, tuangkan madu ke dalam air lalu rendam telapak kaki Anda dengan air tersebut. Rendam kaki selama kurang lebih setengah jam sambil mengosok-gosok telapak kaki Anda.

2Minyak zaitun
Minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaat atau kegunaannya adalah untuk menghaluskan tumit maupun telapak kaki yang pecah-pecah. Cara penggunaannya pun sangat mudah karena Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada tumit atau telapak kaki yang pecah-pecah. Untuk hasil terbaik sebaiknya dilakukan pada saat sebelum memulai aktivitas dan sebelum tidur.

3Ampas kopi
Memanfaatkan ampas kopi juga menjadi salah satu cara mengobati telapak kaki yang pecah-pecah. Bila Anda suka minum kopi, sebaiknya Anda jangan langsung membuang ampas kopi tersebut. Cara mengobati kaki pecah-pecah dengan ampas kopi yaitu cukup dengan memijat secara melingkar pada daerah telapak kaki yang kasar atau pecah-pecah. Anda bisa memilih cara yang satu ini karena ampas kopi mempunyai kemampuan dalam mengangkat sel-sel kulit mati yang sekaligus meremajakan kulit.

4Minyak pijat
Faktor utama yang bisa memicu munculnya retak atau pecah-pecah pada telapak kaki adalah kulit yang kering dan polusi. Cara mencegah masalah ini sebenarnya juga cukup dengan mengenakan kaos kaki saja. Hanya saja, perawatan ini akan jauh lebih baik jika dibarengi dengan memijat menggunakan minyak almond, minyak zaitun, minyak wijen, minyak kelapa, dan lain-lain. Diusahakan perawatan ini dilakukan secara rutin.

5Air mawar dan gliserin
Mengobati telapak kaki pecah-pecah juga bisa Anda lakukan dengan mengoleskan campuran air mawar dan gliserin yang kemudian ditambahkan pula sedikit jus lemon. Ketika Anda telah mengoleskan campuran tersebut pada telapak kaki, diamkan hal tersebut selama 15-20 menit. Setelah itu, gunakan scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Kemudian bersihkan, keringkan, dan jangan lupa oleskan pelembab pada telapak kaki Anda.

6Labu siam
Tidak banyak yang tahu bahwa labu siam juga bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi telapak kaki atau tumit yang kering, kasar, atau pecah-pecah. Cara menggunakannya, siapkan labu siam dan belah menjadi dua bagian. Ambil getah yang berwarna putih kemudian oleskan pada telapak kaki. Diamkan hingga mengering, kemudian bersihkan dengan air dingin.

7Buah alpukat
Buah yang satu ini memang sangat nikmat jika dibuat jus. Selain enak, manfaat buah alpukat juga baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu menghaluskan tumit dan telapak kaki yang kasar dan pecah-pecah. Jika Anda memilih buat alpukat untuk mengatasi masalah telapak kaki yang pecah-pecah, Anda cukup menyiapkan satu buah alpukat lalu ambil dagingnya untuk dijadikan scrub. Gosokkan scrub alpukat pada tumit atau telapak kaki yang kasar dan pecah-pecah. Pijat selama 5 menit dengan cara perlahan-lahan. Diamkan setidaknya 20 menit kemudian bersihkan.

7 cara mengobati telapak kaki pecah-pecah yang telah disebutkan diatas sebaiknya Anda lakukan secara rutin supaya hasil yang didapat bisa maksimal. Jika Anda telah melakukan tips diatas dan belum mendapatkan hasilnya, sebaiknya konsultasikan masalah Anda dengan dokter. Selamat mencoba ya!

Leave a Reply