Cara Menghilangkan Panu Dengan Bahan-bahan Alami

Cara Dirga – Salah satu penyakit kulit yang bisa membuat seorang pria atau wanita begitu khawatir adalah panu. Meskipun panu bukanlah penyakit mematikan, tapi penyakit kulit yang satu ini sudah cukup untuk membuat orang yang tengah mengalaminya merasa tidak nyaman karenanya.

Tidak jauh berbeda dengan jerawat, panu juga bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Apalagi kalau panu tersebut berada di tempat yang begitu mencolok seperti halnya di area muka atau wajah. Selain itu, orang yang mempunyai masalah kulit seperti ini biasanya seringkali dianggap sebagai orang yang tidak peduli akan kebersihan.

Panu dapat muncul karena adanya suatu infeksi yang disebabkan oleh tumbuhnya jamur akibat suhu udara yang lembab dan panas. Jenis jamur yang menyebabkan terbentuknya panu adalah Malassezia.

Walaupun panu bukan termasuk penyakit berbahaya, akan tetapi kita juga harus mengobati masalah kulit yang satu ini. Cara menghilangkan panu bisa dengan menggunakan obat-obatan seperti salep, atau bisa juga dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini.

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

cara hilangkan panu dengan alami
Ilustrasi kurang percaya diri via bethfranchini.com

1. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya umumnya digunakan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan rambut. Akan tetapi, tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya lidah buaya juga bisa untuk menghilangkan panu. Caranya, siapkan satu batang lidah buaya, lalu dibelah dan ambil lendirnya untuk digosok-gosokkan pada kulit yang terdapat panu.

2. Bawang putih

Bawang putih bisa digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat, mengobati sakit gigi, panu, dan lain-lain. Cara menghilangkan panu dengan bawang putih adalah ambil satu siung bawang putih dan iris menjadi dua bagian. Kemudian, potongan bawang putih tersebut digosokkan pada kulit yang ada panunya. Diusahakan tempelkan getah bawang putih pada kulit berpanu selama beberapa menit, setelah itu baru dilepas. Untuk tips yang satu ini sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari setelah mandi.

3. Lengkuas

Siapa sangka, lengkuas yang biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap bumbu dapur ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati panu. Jika Anda ingin menghilangkan panu dengan lengkuas, disarankan untuk memilih lengkuas yang banyak mengandung airnya. Setelah itu, lengkuas diparut dan oleskan pada kulit yang panuan.

4. Sari cuka apel

Cara mengobati panu berikutnya adalah dengan menggunakan sari cuka apel. Bahan alami ini bisa Anda dapatkan dengan mudah, baik itu di apotek maupun di toko-toko herbal. Menghilangkan panu dengan sari cuka apel juga cukup efektif dan mudah untuk Anda coba. Campurkan satu sendok makan sari cukap apel dengan secangkir teh. Setelah itu oleskan teh tersebut pada kulit yang ada panunya.

5. Hilangkan panu dengan belimbing

Buah yang berbentuk bintang ini juga berkhasiat untuk mengobati panu. Cara menghilangkan panu dengan belimbing ialah tumbuk satu buah belimbing dan campurkan dengan kapur sirih secukupnya. Kemudian tinggal Anda oleskan ramuan tersebut pada kulit yang panuan. Lakukan pengobatan ini 2-3 kali sehari secara rutin.

6. Jeruk nipis dan belerang

Perpaduan bahan alami ini bisa dikatakan cukup ampuh untuk mengatasi panu. Hal ini dapat terjadi karena kandungan vitamin C pada jeruk nipis dan mineral yang ada pada belerang efektif untuk mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh jamur. Cara penggunaannya, tumbuk belerang sampai halus dan campur dengan parasan air jeruk nipis. Aduk sampai rata dan oleskan pada kulit berpanu. Cara menghilangkan panu ini sebaiknya dilakukan setidaknya 2-3 kali sehari secara rutin.

7. Menggunakan madu murni

Madu murni memang tidak perlu diragukan lagi akan khasiatnya. Ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari cairan yang mirip dengan sirup ini. Salah satu manfaatnya adalah tentu saja untuk menghilangkan panu di kulit. Jika panu berada di area muka atau wajah, Anda bisa menggunakan madu sebagai masker wajah dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu bersihkan wajah Anda dengan air sampai bersih. Sebelum digunakan, sebaiknya bersihkan dulu wajah Anda.

Supaya panu tidak datang kembali, lebih baik lakukan beberapa pencegahan seperti dibawah ini.

Mandi secara teratur (setidaknya 3x sehari)
Jangan terlalu lama berada dibawah sinar matahari langsung
Kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak terlalu ketat
Jangan menggunakan barang milik orang lain, seperti pakaian, handuk, dll.
Setelah Anda menyimak artikelnya secara lengkap, sekarang tinggal Anda pilih cara menghilangkan panu diatas yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply