Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) Yang Berkepanjangan

Semua orang di dunia ini tentu saja membutuhkan yang namanya istirahat (tidur). Karena dengan cara inilah energi seseorang akan kembali terisi sehingga siap menjalani aktivitas seperti biasanya. Meskipun tidur adalah salah satu kebutuhan alami bagi setiap orang, nyatanya sampai saat ini masih banyak diantara kita yang merasa kesulitan untuk bisa menikmati salah satu nikmat yang telah diberikan NYA.

Setiap orang mungkin pernah mengalami masalah yang satu ini, hanya saja ada yang hanya bersifat sementara dan ada pula yang mengalaminya hingga beberapa hari bahkan lebih dari itu. Susah tidur sebenarnya merupakan hal yang wajar, karena pada beberapa kondisi tertentu seseorang akan merasa kesulitan untuk bisa tidur. Meskipun hal yang wajar, tetap saja hal itu tidak baik bagi kesehatan apalagi jika masalah susah tidur ini sudah beberapa hari dirasakan.

Susah tidur disebut juga dengan Insomnia. Beberapa hal yang bisa menyebabkan insomnia diantaranya adalah adanya permasalahan pada psikologis atau adanya suatu penyakit pada orang tersebut. Pada kondisi tertentu, bantuan medis sangat diperlukan untuk mengatasi masalah yang satu ini. Salah satu bantuan medis yang biasa digunakan adalah dengan terapi kognitif.

cara mengatasi insomnia
Susah tidur via medicalnewstoday.com

Cara mengatasi susah tidur memang bisa dengan menggunakan obat tidur. Hanya saja, cara yang satu ini tidak aman jika Anda lakukan dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda memilih mengatasi insomnia dengan obat-obatan, dikhawatirkan nantinya Anda akan ketergantungan dan malah memberikan timbal balik yang tidak menguntungkan bagi tubuh Anda.

Sebenarnya, masih banyak cara untuk mengatasi susah tidur. Berikut ini merupakan beberapa tips mengatasi insomnia yang bisa Anda coba.

1Berdo’alah sebelum tidur
Bagi orang muslim, berdo’a sebelum tidur merupakan salah satu sunnah Rasul. Selain bernilai pahala, berdo’a sebelum tidur juga bisa membuat tidur Anda terasa lebih nyaman. Oleh karena itu, biasakan untuk berdo’a dulu sebelum tidur.

2Matikan lampu
Bagi Anda yang takut gelap, mungkin cara yang kedua ini cukup sulit untuk Anda lakukan. Namun, tidur tanpa cahaya lampu adalah sesuatu hal yang sangat disarankan. Perlu diketahui bahwa tidur dengan kondisi lampu menyala dapat menghambat produksi hormon melatonin. Padahal, hormon ini sangat penting dalam mencegah dan memerangi berbagai penyakit. Intinya, mulai dari sekarang biasakan untuk tidur di malam hari tanpa adanya cahaya lampu.

3Hindari minum minuman berkafein (kopi)
Kebanyakan orang lebih memilih minum kopi untuk membuatnya tetap terjaga di malam hari. Hal ini karena kopi merupakan minuman berkafein yang dapat mengusir kantuk secara sementara. Bagi Anda yang merasa susah tidur di malam hari, sebaiknya hindari minum kopi menjelang tidur supaya nantinya Anda bisa cepat tidur.

4Tetapkan waktu tidur
Sama hal nya dengan waktu makan, jadwal tidur Anda pun mesti diperhatikan. Dengan waktu tidur yang telah ditetapkan, setidaknya ketika menjelang waktu tidur tiba Anda sudah mempersiapkan diri untuk segera mengistirahatkan tubuh Anda. Membaca buku sebelum tidur juga diyakini bisa membuat seseorang cepat tertidur.

5Bersihkan tempat tidur
Anda tentunya tidak suka bukan, melihat tempat tidur yang berantakan? Jika demikian, sebelum tidur sebaiknya rapikan dulu tempat tidurnya. Perlu diketahui bahwa tempat tidur yang nyaman bisa memberikan ketenangan pada diri Anda. Dengan begitu, masalah susah tidur pun bisa segera diatasi.

6Olahraga secara teratur
Olahraga adalah cara sehat untuk bisa mengatasi insomnia, dan semua bentuk olahraga bermanfaat untuk memaksimalkan waktu tidur Anda. Oleh karena itu, jika akhir-akhir ini Anda merasa sulit untuk tidur nyenyak, lakukanlah olahraga secara rutin. Beberapa jenis olahraga yang memiliki efek lebih baik terhadap tidur Anda adalah jogging, menari, dan berenang. Lakukanlah olahraga tersebut setidaknya 20 menit.

7Hindari bermain ponsel menjelang tidur
Sekarang ini ponsel telah menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Meskipun begitu, sebaiknya hindari menggunakan ponsel saat jam tidur telah tiba. Hal ini dikarenakan cahaya dari ponsel akan mengalihkan konsentrasi Anda sehingga akhirnya membuat Anda susah tidur.

Demikian cara mengatasi susah tidur dengan menggunakan metode alami tanpa melibatkan obat tidur. Jika Anda telah melakukan beberapa tips yang telah disebutkan diatas dan belum membuahkan hasil, sebaiknya konsultasikan segera masalah Anda kepada dokter.

Leave a Reply