8 Hal Yang Membuat Anda Mudah Kelelahan

Apakah Anda merasa bahwa energi Anda merasa terus berkurang? Merasa kesulitan untuk bangun dari tempat tidur? Jika iya, berarti Anda hampir sama dengan kebanyakan orang yang mengalami hal serupa.

Terdapat sebuah riset yang mengungkapkan bahwa satu dari tiga orang merasa bahwa dirinya selalu kelelahan karena laju kehidupan modern. Bukan hanya itu saja, sebuah survei yang telah dilakukan oleh salah satu perusahaan vitamin pun juga mengungkapkan bahwa 97% orang selalu merasa lelah hampir disepanjang waktunya.

mudah lelah
Mudah lelah via yummymummyclub.ca

Selain terlalu banyak aktivitas, 8 hal berikut ini juga menjadi alasan kenapa Anda akhir-akhir ini mudah sekali kelelahan.

Jarang berolahraga
Olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur bisa membantu jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien, serta mengalirkan nutrisi penting dan oksigen ke seluruh tubuh. Tidak berolahraga karena lelah malah akan memperburuk keadaan Anda. Oleh karena itu, ketika Anda sedang bermalas-malasan, cobalah paksa diri Anda untuk berolahraga minimal dengan berjalan kaki selama 10 menit.

Kekurangan zat besi
Sebuah data menunjukkan bahwa 1/3 perempuan mengalami kekurangan zat besi dikarenakan menstruasi. Mereka yang memiliki kadar zat besi rendah malah sampai mengalami anemia. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti sayuran hijau tua, daging tanpa lemak, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan buah jeruk kedalam menu makanan Anda.

Kurang tidur
Jika Anda kerap terbangun di tengah malam, hal ini membuat energi Anda tidak tercukupi sebagaimana mestinya. Waktu tidur yang tidak berkualitas juga ikut andil dalam hal ini. Oleh sebab itu, disarankan Anda untuk tidur tepat waktu dan menghindari menatap layar satu jam sebelum beranjak tidur.

Dehidrasi
Kurangnya cairan tubuh juga menjadi alasan kenapa Anda mudah sekali kelelahan. Berjalan terlalu jauh kemudian ditambah bekerja diruangan ber-AC juga bisa membuat cairan tubuh berkurang sehingga tekanan darah mengalami penurunan. Pada akhirnya, hal itu akan membuat Anda kehilangan konsentrasi, kelelahan, dan bahkan sakit kepala. Solusinya, usahakan untuk minum air setidaknya setiap dua jam sekali.

Kecanduan kafein
Kafein memang bisa membantu menambah energi seseorang. Hanya saja, kafein juga bisa membuat Anda merasa lebih lelah ketika lonjakan awalnya telah habis. Perlu diketahui bahwa kimia otak tidak suka diganggu oleh stimulan. Meskipun Anda minum kopi beberapa jam sebelum waktu tidur, hal itu juga bisa menyebabkan kualitas tidur Anda berkurang.

Sebaiknya kurangi kadar kafein secara bertahap supaya Anda terhindar dari sakit kepala, mudah marah, dan bisa meningkatkan tingkat energi dalam jangka yang panjang.

Stres berkepanjangan
Stres memang bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Hal itu memang wajar karena dalam menjalani kehidupan terkadang ada sesuatu hal yang bisa memicu terjadinya stres. Hanya saja, stres yang berkepanjanganlah yang mesti diwasdapai. Karena stres jangka panjang akan membuat tubuh Anda kelelahan secara emosional.

Bila stres menyerang, cobalah untuk rileks atau beristirahat, pergi bareng teman, atau bisa juga dengan melakukan yoga supaya stres yang dirasakan bisa segera berkurang.

Kehilangan protein
Menghindari protein malah justru membuat Anda kelelahan. Ini tidaklah mengherankan karena protein mempunyai peranan yang vital sebagai pemberi energi. Untuk mencukupi kebutuhan protein harian Anda, disarankan untuk mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, daging, ikan, tahu, keju, atau yogurt.

Terlalu banyak gula
Minuman berenergi yang banyak mengandung gula serta makanan ringan seperti halnya biskuit, keripik, atau cokelat, bisa menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula darah sehingga bisa membuat Anda kelelahan. Sebaiknya, makanan maupun minuman tersebut diganti dengan makanan rendah gula seperti beras merah, roti gandum, dan pasta gandum.

Leave a Reply