10 Cara Merawat Tanaman di Pekarangan Rumah

Apa yang akan Anda rasakan ketika setiap hari bisa melihat pemandangan cantik dari tanaman-tanaman yang ada di pekarangan rumah? Tentunya menyenangkan, bukan? Meskipun hanya ada beberapa tanaman yang ada di pekarangan rumah, tapi tetap saja hal itu bisa membuat mata kita lebih tenang dan menjadikan pikiran terasa jauh lebih segar.

Supaya tanaman yang kita tanam bisa tumbuh dengan baik, maka dibutuhkan pemahaman yang cukup supaya hal itu bisa terjadi. Perlu diketahui bahwa tidak semua tanaman mampu tumbuh indah jika tidak diberikan perawatan khusus.

cara merawat tanaman hias
Tanaman hias via sunsunworld.com

Misalnya saja mengenai masalah pencahayaan sinar matahari. Beberapa tanaman tertentu ada yang membutuhkan cahaya sangat terang, sedangkan beberapa jenis tanaman lainnya malah justru hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami karakteristik daripada tanaman yang kita tanam.

Sebetulnya, apa saja sih cara yang mesti dilakukan supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik? Berikut ini merupakan 10 cara merawat tanaman di pekarangan rumah yang bisa Anda coba.

1. Cara menyiram
Anda tentunya sudah tahu bahwa tiap pot memiliki bulatan-bulatan kecil dengan tujuan sebagai tempat keluarnya air. Nah, ketika Anda menyiram tanaman, siramlah tanaman sampai air meluap keluar dari lubang-lubang tersebut. Setelah airnya terlihat keluar, hentikan segera proses penyiraman supaya tidak terjadi kelebihan air yang malah membuat tanaman akan membusuk.

2. Kelembaban
Untuk Anda yang belum tahu bagaimana cara mengetahui bahwa tanaman kurang kelembaban, lihatlah bintik-bintik cokelat pada daun. Jika terdapat bintik-bintik cokelat pada daun, itu berarti tanaman tersebut membutuhkan tempat yang lebih lembab.

3. Pencahayaan
Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal-awal, bahwa tidak semua jenis tanaman bisa tumbuh dengan baik di tempat yang kurang cahayanya. Beberapa tanaman tertentu butuh cahaya matahari yang cukup untuk bisa melakukan fotosintesis. Oleh sebab itu, tingkat pencahayaan sinar matahari begitu penting bagi tanaman seperti ini.

Baca juga : Kumpulan Ide Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

4. Ubah tanah
Meskipun pencahayaannya sudah tepat kemudian air yang dibutuhkan tanaman tercukupi dengan baik, terkadang ada juga tanaman yang tidak bisa tumbuh dengan maksimal. Solusinya, Anda bisa mengganti media tanam dengan tanah baru yang bisa memperbarui nutrisi tanaman.

5. Bersihkan tanaman
Sama seperti kita, tanaman juga ingin dirinya terlihat bersih dan terbebas dari kotoran. Untuk itu, bersihkan daun tanaman dengan kain halus atau bisa juga dengan menghindarkan mereka dari debu.

6. Jauhkan dari hama dan serangga
Tanaman dan bunga bisa menarik perhatian hama dan serangga. Meskipun kehadiran serangga dibutuhkan, akan tetapi hal itu tidaklah baik jika mereka tidak membantu proses penyerbukan dan malah merusak tanaman. Jauhkan tanaman dari mereka, dan jika perlu beri mereka pembasmi hama dan serangga.

7. Memotong ranting
Memotong ranting atau bunga kering yang mengganggu seakan-akan terlihat menyakiti tanaman itu sendiri. Padahal, hal ini perlu dilakukan supaya tanaman terlihat lebih bagus.

8. Pupuk alami
Pupuk alami seperti hal nya kotoran dan kompos sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menambahkan pupuk alami ke dalam tanah. Sebelum melakukannya, akan lebih baik jika Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan orang yang memberikan bibit tanaman.

9. Ganti pot
Mengganti pot sesuai dengan ukuran dan umur tanaman juga penting karena hal ini bisa membantu mereka tumbuh sehat dan maksimal.

10. Jangan biarkan tanaman sendirian
Point yang terakhir ini bukan berarti Anda harus selalu dekat dengan tanaman ya. Tapi, ketika Anda ingin merawat tanaman, usahakan untuk membeli lebih dari satu tanaman dan letakkan tanaman tersebut secara berdekatan.

Baca juga : 5 Tanaman Yang Sebaiknya Ada di Pekarangan Rumah

Nah, seperti itulah cara merawat tanaman di pekarangan rumah yang bisa Anda praktikkan dirumah. Mudahan-mudahan informasi kali ini dapat memberikan hasil terbaik bagi tanaman Anda.

Leave a Reply